Minggu, 01 April 2012

MALNUTRISI


MASALAH GIZI / MALNUTRITION


 Marasmus: Keadaan ini ditandai dengan anak sangat kurus dengan penampilan tulang berbalut kulit. Hal ini disebabkan oleh kehilangan otot dan jaringan lemak sehingga wajah anak terlihat tua, tulang rusuk menonjol dan lipatan kulit pada bokong memperlihatkan seolah-olah anak sedang memakai celana longgar (baggy pants). Berat badan menurut umur dan berat badan menurut panjang/tinggi biasanya sangat rendah. Perhatikan Saat membuka pakaian anak untuk ditimbang, kemungkinan dapat terlihat tanda-tanda klinis kurang gizi tingkat berat. Maka penting untuk mengetahui tanda klinis marasmus atau kwashiorkor, karena mereka membutuhkan perawatan khusus yang segera, yang meliputi pemberian makanan khusus, pemantauan ketat, pemberian obat seperti antibiotik, dan lainlain. Tidak tergantung berat badan, anak dengan gejala seperti ini harus segera dirujuk dan ditangani. 
 
Kwashiorkor:  Walaupun terjadi penurunan berat badan tetapi tidak jelas karena ada edema (bengkak
akibat banyaknya cairan dalam jaringan tubuh). Anak terlihat apatis, rewel, tampak sakit dan tidak mau makan. Wajahnya bulat (karena edema), rambut tipis, jarang dan berubah warna,  kulit kering dan mengelupas. 

Marasmic kwashiorkor:  
Walaupun kwashiorkor dan marasmus menunjukkan gejala yang berbeda, tetapi pada masyarakat yang banyak terdapat kasus gizi buruk, dapat terjadi gejala campuran. Sebagai contoh seorang anak dengan keadaan sangat kurus seperti marasmus, disertai dengan gejala perubahan pada kulit dan rambut atau edema seperti pada penderita kwashiorkor.
 
 Edema pada kedua punggung kaki: 
Edema pada kedua punggung kaki merupakan suatu tanda bahwa seorang anak memerlukan rujukan, meskipun tanda-tanda klinis kwashiorkor lainnya tidak terlihat. Edema harus terlihat pada kedua punggung kaki. Jika bengkak hanya tampak pada satu punggung kaki, kemungkinan disebabkan oleh hal lain misalnya infeksi. Untuk memeriksa edema, tekankan ibu jari anda dengan lembut pada punggung kaki beberapa detik. Jika anak menderita edema, maka akan tampak cekungan ketika ibu jari diangkat. 
 Seorang anak dengan edema pada kedua punggung kaki dianggap menderita gizi buruk (severely underweight), tanpa menilai hasil penimbangan. Walaupun anak ditimbang dan diukur panjang badannya, tetapi tidak untuk menentukan IMT.  

SEGERA RUJUK KE PUSKESMAS TERDEKAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar