Minggu, 01 April 2012

Resep Elektronik dan Medical Record Elektronik UPT Puskesmas Babakan Sari






SISTEM KOMPUTERISASI DI UPT PUSKESMAS BABAKAN SARI


Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dalam mewujudkan Indonesia SehatYang Mandiri dan Berkeadilan.
Salah satu kunci keberhasilan pembangunan kesehatan adalah mengaktualisasikan Paradigma Sehat. Paradigma Sehat secara makro berarti pembangunan semua sektor harus memperhatikan dampaknya terhadap kesehatan, paling tidak harus memberikan kontribusi positif bagi pengembangan perilaku dan lingkungan sehat, sedangkan secara mikro berarti bahwa pembangunan kesehatan akan menekankan upaya promotif dan preventif dengan tidak melupakan upaya kuratif dan rehabilitative.
      UPT Puskesmas Babakan Sari adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPT) Dinas Kesehatan Kota Bandung yang bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah Kecamatan Kiaracondong dan dibantu oleh 1 puskesmas jejaring yaitu Puskesmas Babakan Surabaya. Puskesmas berperan menyelenggarakan upaya kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk di wilayah kerjanya agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal. Dengan demikian Puskesmas berfungsi sebagai Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan Kesehatan, Pusat Pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat serta Pusat Pelayanan Kesehatan Strata Pertama.
      Upaya kesehatan yang diselenggarakan di UPT Puskesmas Babakan Sari terdiri dari Upaya Kesehatan Wajib dan Upaya Kesehatan Pengembangan. Upaya Kesehatan Wajib memberikan daya ungkit paling besar terhadap keberhasilan pembangunan kesehatan melalui peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
      Yang termasuk dalam Upaya Kesehatan Wajib adalah Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Ibu Anak dan Keluarga Berencana, Perbaikan Gizi Masyarakat, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular serta Pengobatan. Sedangkan Upaya Kesehatan Pengembangan adalah upaya kesehatan yang ditetapkan berdasarkan permasalahan kesehatan yang ditemukan di masyarakat di wilayah kerja Kecamatan Kiaracondong serta disesuaikan dengan kemampuan serta sumber daya yang ada di UPT Puskesmas Babakan Sari.
      Upaya Kesehatan Pengembangan di UPT Puskesmas Babakan Sari adalah Upaya Kesehatan Sekolah (UKS), Upaya Kesehatan Jiwa, Upaya Kesehatan Mata, Upaya Kesehatan Lanjut Usia (Usila) dan Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas). Juga ada upaya laboratorium, pencatatan dan pelaporan serta obat sebagai upaya kesehatan penunjang.
      Dalam menyelenggarakan upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembangan harus menerapkan azas penyelenggaraan Puskesmas secara terpadu yaitu azas pertanggungjawaban wilayah, pemberdayaan masyarakat, keterpaduan dan rujukan.
      Untuk terselenggaranya berbagai upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat yang sesuai dengan azas penyelenggaraan Puskesmas perlu ditunjang oleh manajemen Puskesmas yang baik. Manajemen Puskesmas adalah rangkaian kegiatan yang bekerja secara sistematis untuk menghasilkan luaran Puskesmas yang efektif dan efisien. Rangkaian kegiatan sistematis yang dilaksanakan oleh Puskesmas membentuk fungsi-fungsi manajemen. Ada tiga fungsi manajemen Puskesmas yang dikenal yaitu Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian serta Pengawasan dan Pertanggungjawaban. Semua fungsi manajemen tersebut harus dilaksanakan secara terkait dan berkesinambungan.

      Sesuai dengan Visi Pembangunan Kesehatan Kota Bandung, UPT Puskesmas Babakan Sari telah menetapkan visi yaitu “Terwujudnya UPT Puskesmas Babakan Sari yang Memberikan Pelayanan Prima dengan Bantuan Teknologi Informasi dan Menjadi Mitra Sehat bagi Masyarakat”.

            Adapun misi yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi tersebut adalah :
1.      Meningkatkan mutu dan jenis pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
2.      Menggalang kerjasama atau kemitraan dengan seluruh sumber daya yang ada di masyarakat.
3.      Membangun citra dengan cara memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
4.      Meningkatkan kualitas manajemen Puskesmas di wilayah kerja Kecamatan Kiaracondong dengan bantuan teknologi informasi.
5.      Menjadi mitra bagi masyarakat dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai bagian dari upaya promotif dan preventif Puskesmas.
6.      Memberdayakan masyarakat agar dapat hidup sehat secara mandiri.


UPT Puskesmas Babakan Sari telah mengembangkan sistem e health: Resep elektronik dan medical record elektronik, untuk mengurangi penggunaan kertas, dan mendukung save our earth.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar